Selasa, 20 Juni 2017

PROGRAM MENGHITUNG LUAS BANGUN RUANG



PROGRAM MENGHITUNG LUAS BANGUN RUANG
- Deskripsi Program :
Program ini masih bersifat sederhana , dikarenakan hanya menghitung bagian luasnya saja.    Program sederhana ini semoga membantu siswa/siswi mempermudah dalam menghitung luas bangun ruang. Didalam Program sederhana ini terdapat cara menghitung luas bangun segitiga,lingkaran, dan persegi panjang. Barang kali kalian ada yang ingin mengembangkan dari program sederhana ini , Silahkan disimak Source code dibawah ini :

- Komponen Program :
Untuk menghitung luas bangun ruang , yaitu kita harus mengetahui rumus – rumus luas bangun tersebut, seperti :
·         Luas Persegi Panjang -> rumus Luas = Panjang * Lebar atau L = P*L
·         Luas Segitiga -> rumus luas = (Alas * Tinggi)/2 atau L = (A*T)/2
·         Luas Lingkaran -> rumus luas = π*jari-jari*jari-jari atau L = π* r2
        = dengan diketahui π=22/7

- Hasil output Program :


 
- Berikut Source codenya :
/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
import java.util.Scanner;
/**
 *
 * @author user
 */
public class program_menghitung_luas {
    public static void main(String[] args){
        int a,b;

        Scanner input = new Scanner(System.in);
        System.out.println("====================================");
        System.out.println("Program Menghitung Luas Bangun Ruang");
        System.out.println("====================================");
        System.out.println("1. Luas Persegi Panjang");
        System.out.println("2. Luas Segitiga");
        System.out.println("3. Luas Lingkaran");
        System.out.println("");
        System.out.println("Ketik Angka Untuk Memilih");
        System.out.print("Pilih Luas : ");
        int pilih = input.nextInt();
        System.out.println("====================================");

        switch (pilih){
            case 1:
                System.out.print("Masukan Panjang: ");
                int d = input.nextInt();
                System.out.print("Masukan Lebar: ");
                int e = input.nextInt();
                int z = d*e;
                System.out.println("");

        System.out.println("====================================");
                System.out.println("Luas Persegi Panjang="+z);
                break;

            case 2:
                System.out.print("Masukan Alas: ");
                double f = input.nextInt();
                System.out.print("Masukan Tinggi: ");
                double g = input.nextInt();
                double y =(f*g)/2;

        System.out.println("====================================");
                System.out.println("");
                System.out.println("Luas Segitiga="+y);
                break;

            case 3:
                System.out.print("Masukan Jari-Jari: ");
                f = input.nextInt();
                y = f*f*22/7;
                System.out.println("");

        System.out.println("====================================");
                System.out.println("Luas Lingkaran="+y);
                break;

        }
    }
}
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar